Mereka yang dilantik yakni 1 Pejabat Eselon II yang sempat tertunda dan pada umumnya hanya rotasi biasa baik antar Eselon III dan antar Unit Kerja, yang dilaksanakan dalam rangka penyegaran.
Para Pejabat tersebut dilantik oleh Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dan
Pelantikan tersebut ditandai dengan Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan berita acara pelantikan yang digelar di Aula Kantor Bupati pada, Kamis (05/01/2023).
Dalam sambutanya Bupati Thaher sampaikan bahwa, terkadang mereka yang kompeten dan berkinerja, tidak dapat bekerja optimal karena jabatan yang diduduki Tidak “Match” dengan kualifikasi Pendidikan dan suasana atau lingkungan kerja. Mudah mudahan dengan mutasi/rotasi pada posisi atau jabatan yang baru, bisa mendorong peningkatan kinerja Saudara-Saudara.
Bupati Thaher juga katakan, jadikan organisasi sebagai organisasi pembelajaran dimana pengalaman kerja dan apa saja yang diamati dan dialami selama bertugas ditempat kerja lama serta menurut penilaian Saudara tidak baik, agar kedepannya tidak ditiru, namun ambil hikmah dan pembelajaran Positif, untuk selanjutnya Saudara praktekan di Unit Kerja yang baru.
Dalam banyak hal, saya sering mendengar laporan dan keluhan dari bawahan tentang Kinerja atasannya, namun ketika dipercayakan dan diberikan amanah menduduki suatu Jabatan Pimpinan, justru menunjukan perilaku yang lebih buruk lagi dari atasannya.
Bupati katakan, tentu ini menjadi catatan penting dan peringatan bagi Kita bahwa, jangan selalu menilai kekurangan orang lain tetapi perlunya Kita melakukan introspeksi diri tentang apa yang sudah dilakukan dan diperbaiki.
Saya selalu menggunakan ilustrasi permainan Sepakbola, yang lebih pintar dan paling tahu adalah penonton, dan selalu mencaci maki pemain dilapangan karena tidak mampu mencetak gol, padahal untuk mencapai tujuan dan kualitas permainan memerlukan proses pelatihan fisik dan konsentrasi yang Panjang dan lama.
Setiap amanah yang dberikan untuk menjadi pemimpin, tentu dimintai akan pertanggungjawaban baik oleh masyarakat dan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itu Saya harapkan kepada Saudara kepala Dinas pariwisata untuk fokus dan konsen pada pengembangan dan peningkatan promosi wisata Kita, sektor ini adalah sektor unggulan Maluku Tenggara, sehingga membutuhkan dalam jabatan tertentu tidak terkait dengan persoalan Korupsi.
Perlu saya ingatkan kembali bahwa, ketentuan kepegawaian mengamanatkan Siapa saja ASN yang tersangkut dengan pidana Korupsi, akan diberhentikan Tidak dengan Hormat Tanpa Hak Pensiun, berapapun lamanya masa hukuman berdasarkan keputusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (Incracht).
Bupati Thaher katakan, saat ini Kita sudah memasuki awal Tahun 2023, oleh karena itu saya harapkan kepada Saudara-saudara Pejabat Eselon III dan IV yang baru saja dilantik untuk membantu Kepala OPD masing-masing dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.
Ditambahkanya beberapa agenda tuntutan perundang-undangan seperti Penyusunan LAKIP, Laporan Keuangan, Percepatan pengadaan Barang dan Jasa, Opname Kas, Pertanggungjawaban keuangan menjelang gar segera dilaksanakan.
Bupati Thaher ingatkan kepada OPD bagi OPD yang baru saja dibentuk, saya mintakan kepada Saudara Sekda dibantu dengan Asisten dan Kepala Bagian Umum agar segera mengatur lokasi kantor sehingga operasional kantor sesegera mungkin dapat berjalan.
Atas nama Pribadi dan pemerintah Daerah saya menyampaikan selamat dan sukses, Selamat bekerja, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kelancaran dalam upaya kita melaksanakan tugas dan pengabdian kepada Pemerintah dan masyarakat di kabupaten Maluku tenggara
Turut hadir dalam pelantikan tersebut Pimpinan OPD ,Camat serta toko agama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *