Sangatta, LiputanNusa.id- Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, membuka dengan resmi, Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Ruang Maloy Café, Hotel Royal Victoria Sangatta, Selasa 11/07/2023.
Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) beberapa waktu lalu telah meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), hal ini untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang mudah, cepat dan dekat dengan masyarakat.
Bimtek tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada operator Kecamatan, yang dilaksanakan selama dua hari ini (11 hingga 12 Juli 2023) ini, oleh Dinas Dukcapil Kutai Timur.
Bupati Kutai Timur, pada kesempatan itu, mengatakan, bahwa kemudahan pelayanan Adminduk akan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kutim. Sesuai dengan visi dan misinya bersama dengan Wakil Bupati Kutim sejak diberikan amanah oleh masyarakat untuk memimpin Kabupaten Kutim ini.
Ungkap Bupati Ardiansyah, hal ini bermaksud agar masyarakat tidak lagi dimanfaatkan atau meminta para calo dalam kepengurusan Adminduk. Terutama mereka yang dari Kecamatan untuk mengurus berkasnya di Kabupaten,” jelas Bupati Ardiansyah.
Bupati Ardiansyah menjelaskan, hampir semua Kecamatan di Kutim sudah bisa melakukan pelayanan Adminduk. Namun, memang belum semua Kecamatan yang dapat melakukan pelayanan Adminduk (perekaman e-KTP),” papar orang nomor satu Kutim ini.
Akhir tahun 2023 ini, ungkap Bupati alat perekaman tersebut sudah ada. Dan kepada para operator yang mengikuti Bimtek tersebut, diharapkan bisa langsung menerapkan ilmu yang didapat, ke Kecamatan masing-masing,” harap Bupati Ardiansyah
Lewat kesempatan ini juga, Bupati Ardiansyah meminta, Dinas Dukcapil berkoordinasi dengan Dias Kominfo, agar memaksimalkan jaringan internet di setiap Kecamatan supaya SIAK bisa digunakan tanpa kendala,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kutai Timur, Jumeah mengatakan, Bimtek tersebut guna mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat dan dekat dengan masyarakat. Sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur.
Bupati Ardiansyah mengucapkan, kita harus membuat pelayanan adminduk didekatkan di Kecamatan-Kecamatan, di seluruh wilayah Kutim. Dan dalam pelaksanaannya, kami Dinas Dukcapil tidak dapat berjalan sendiri, diperlukan bantuan dan keterlibatan semua pihak. Khususnya, pihak Kecamatan untuk membantu kami dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kutim ini.
Lebih lanjut, Kadis Dukcapil menjelaskan, tujuan Bimtek ini, adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada operator pelayanan Adminduk di Kecamatan. Dalam hal ini, agar dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam pelayanan adminduk,” jelas Kadis.
Disampaikan pula bahwa, untuk memberikan pengetahuan tentang standar pelayanan adminduk yang nantinya diterapkan di Kecamatan dan memberikan pengetahuan dalam menyusun laporan pelayanan di Kecamatan. Memberikan keterampilan terkait penanganan kendala teknis dalam pelayanan,” jelas Kadis.