Jakarta, LiputanNusa.id- Sukses dengan gelaran pertamanya di tahun lalu, Floriculture Indonesia International Expo (FLOII Expo) 2023 akan kembali digelar di Ice BSD pada 28 September hingga 1 Oktober 2023.

Sekedar informasi, FLOII Expo merupakan pameran tanaman hias terbesar di Indonesia bertaraf Internasional, dan acara ini diharapkan dapat menjadi platform yang memfasilitasi pertemuan antara para pelaku usaha, peminat, dan penggemar tanaman hias di Indonesia.

Acara sendiri resmi diluncurkan pada Selasa 01/08/2023 di Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, asosiasi, serta jajaran steering committee FLOII Expo 2023.

Dalam sambutannya Liferdi Lukman selaku Direktur Buah dan Florikultura Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengatakan turut mendukung gelaran FLOII Expo 2023 ini yang menyoroti industri florikultura, “Indonesia memiliki sumber plasma nutfah, tanaman-tanaman tropis yang terbesar di dunia yang perlu mendapat perhatian yang besar, apalagi dengan potensi ekspor yang ada. Dengan adanya acara ini penggiat florikultura bangkit kembali dengan semangat baru. Kami berharap florikultura ini tidak hanya sekedar hobi tapi juga dapat menggerakkan perekonomian Indonesia. Untuk itu Kementerian Pertanian sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami menghimbau untuk seluruh pelaku, produsen, hobbyist, dan pebisnis di sektor florikultura mari bersama-sama bergabung dan berpartisipasi dalam acara FLOII ini.”

Mengusung tema “Rooted in Tradition, Blooming in Innovation” FLOII Expo 2023 dikembangkan untuk memfasilitasi semua pihak yang berkepentingan untuk berkolaborasi dalam mengembangkan dan membangun industri florikultura atau tanaman hias yang berkelanjutan di Indonesia dengan inovasi teknologi terkini. FLOII Expo 2023 juga memiliki visi menjadi the Biggest Plant, Gardening, and Landscaping Exhibition in Indonesia, di mana pengunjung akan dapat menikmati beragam program yang melibatkan estetika landscape, gardening, dan pengembangan pada sektor tanaman lainnya. Acara ini juga menjadi tempat yang ideal untuk business matching dan transaksi perdagangan tanaman hias Internasional. Penyelenggaraan FLOII dilaksanakan oleh PT Fasen Creative Quality yang bekerja sama dengan Pencinta Florikultura Indonesia (PFI) bersama dengan asosiasi Indonesian Aroid Society, organisasi yang terbentuk sebagai wadah penyampaian informasi mengenai perkembangan industri tanaman hias di Indonesia.

“Tahun ini, Pecinta Florikultura Indonesia (PFI) kembali mengadakan acara FLOII untuk memberikan wadah komunikasi serta penyampaian informasi dengan komunitas pecinta tanaman hias di Indonesia agar bisa bersama-sama melestarikan serta melakukan pemeliharaan tanaman hias khususnya tanaman endemik Indonesia sebagai bentuk bagian dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Harapan kami, agar tidak hanya pecinta tanaman hias saja tetapi masyarakat Indonesia turut menjaga serta melestarikan tanaman hias Indonesia,” ujar Fadjar Setyaki Pexi dari PFI.

FLOII Expo 2023 juga didukung oleh berbagai asosiasi tanaman hias, salah satunya dari Indonesian Aroid Society (IAS). IAS turut hadir mengenalkan tanaman-tanaman jenis aroid kepada para pengunjung. “IAS kembali berpartisipasi di ajang FLOII tahun bekerja sama dengan PFI sebagai bentuk dukungan untuk mengembangkan industri tanaman hias di Indonesia. Kami siap berkolaborasi untuk memberikan edukasi bahkan hiburan bagi para pecinta tanaman hias dan masyarakat umum,” ujar Agustinus Gunawan Sri Hutomo dari Indonesian Aroid Society.

FLOII juga menghadirkan ragam acara dan kegiatan, seperti pameran, kontes tanaman, talk show, workshop, dan program-program lainnya. “Di sini kami menghubungkan para pemilik bisnis, pengunjung, penggemar tanaman, dan pembeli dalam industri tanaman hias untuk bertemu langsung dalam satu rangkaian acara. Selain itu, acara ini juga berkomitmen untuk membangun industri tanaman hias yang berkelanjutan dengan mengedepankan konservasi keanekaragaman hayati, berbagi praktik terbaik, dan inovasi keberlanjutan. Kami juga turut mengundang para ahli dalam bidang budidaya teknologi tanaman hias. Tujuannya untuk memberikan edukasi dan informasi bagaimana teknologi berkelanjutan tersebut dapat diimplementasikan oleh masyarakat,” pungkas Michael Bayu A. Sumarijanto, Presiden Direktur PT Fasen Creative Quality.

Ajang FLOII dapat diikuti oleh pemelihara dan penjualan produk tanaman, penjual produk layanan lanskap dan taman, dan penjual pembibitan sebagai peserta pameran. FLOII dibuka untuk umum dan terbuka semua penggiat dan penggemar tanaman hias, peneliti, kolektor, holtikulturis, dan masyarakat pada umumnya. FLOII diharapkan menjadi titik awal dalam menyusun rencana strategis industri tanaman hias Indonesia dan menjadi salah satu event internasional yang diakui dunia sebagai pameran keanekaragaman hayati terlengkap dan pusat bisnis yang efektif. (Tj.Foto:Tj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *