Sangatta, LiputanNusa.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Timur, Rizali Hadi mewakili Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menyambut kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kabupaten Paser yang dipimpin oleh Inspektur Inspektorat Wilayah (Itwil) Kabupaten Paser, Dharni Haryati, di Ruang Tempudau, Selasa 04/07/2023.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) dalam pertemuannya dengan Pemerintah Kabupaten Paser, nampak berlangsung penuh keakraban dan kehangatan, dalam kesempatan ini pula, Sekda Kutim juga didampingi oleh beberapa Kepala Bagian (Kabag) di lingkup Sekretariat Kabupaten Kutim.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kutim ini memaparkan secara umum kondisi geografis Kabupaten Kutai Timur yang memiliki luas kurang lebih 35 ribu hektare persegi serta memiliki kemajemukan masyarakat, yang mampu hidup berdampingan dengan baik pada 18 kecamatan yang ada.

Dalam paparannya, disampaikan bahwa luas wilayah Kutai Timur setara dengan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jadi kalau ingin keliling perlu waktu beberapa hari, bahkan untuk menuju suatu wilayah kita masih menggunakan alat transportasi sungai,” jelas Sekda ini.

Olehnya itu, dengan melihat kondisi wilayah yang sangat luas ini, Sekda Rizali Hadi juga mengakuinya bahwa sampai sekarang ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur belum sepenuhnya bisa memenuhi harapan masyarakat, terutama dalam hal pemerataan pembangunan didaerah Kutim ini.

Namun menurut dia, pihaknya akan terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan ini, yaitu dengan cara terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik swasta maupun termasuk dengan daerah sekitarnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama pula, pimpinan rombongan Kabupaten Paser, Dharni Haryati mengatakan, dirinya mengaku kagum, pasalnya baru pertama kali mengunjungi Kabupaten Kutai Tmur, dia merasa takjub melihat kondisi gegrafis serta wilayah Kabupaten yang memiliki slogan “Tuah Bumi Untung Banua” ini, serta dirinya juga mengakui luas Kabupaten Kutai Timur ini, tiga kali lipat luas wilayah Kabupaten Paser.

Dharni Haryati menyampaikan pula, bahwa pihaknya ingin belajar dari Pemerintah Kutai Timur, terkait beberapa permasalahan, mengingat sebelumnya Kabupaten Kutim ini juga pernah menjadi rujukan Pemerintah Paser,” ucapnya mengakhiri sambutannya.

Sekda Kutim Rizali Hadi, secara simbolis diakhir kegiatan ini, menyerahkan souvenir kepada pimpinan rombongan Pemerintah Kabupaten Paser, Dharni Haryati sebagai wujud ucapan selamat datang yang di lanjutkan diskusi dan diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh undangan yang hadir saat itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *