
Jakarta, LiputanNusa.id – Kamis (23/11) menjadi hari bersejarah bagi PT Uni-Charm Indonesia Tbk, karena usianya menginjak 25 tahun.
Untuk itu PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengadakan acara peringatan hari jadi Perusahaan yang ke 25 pada Kamis, 23 November 2023 di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh mitra bisnis, perwakilan pemerintah, serta brand ambassador pembalut wanita Charm dan popok dewasa Lifree, yaitu Syifa Hadju dan Titiek Puspa, dengan total lebih dari 150 partisipan.
“Melalui acara peringatan hari jadi Perusahaan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung bisnis perusahaan hingga saat ini, sekaligus berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkontribusi pada konsumen, lingkungan dan masyarakat,” tulis PT Uni-Charm Indonesia Tbk dalam siaran persnya.
Sekedar informasi, PT Uni-Charm Indonesia Tbk adalah anak perusahaan dari Unicharm Corporation yang berada di Jepang, yang berdiri pada tahun 1997. Pada saat awal pendirian, bisnis perusahaan dimulai dari produk pembalut wanita Charm, lalu meluncurkan popok bayi MamyPoko di tahun 2000, dan popok dewasa Lifree di tahun 2008.
“Melalui 3 brand utama ini, kami mendukung keperluan ibu dan anak, membantu wanita untuk hidup lebih nyaman saat menstruasi, dan mendukung orang tua untuk hidup sehat dan bahagia. Berkat dukungan dari seluruh konsumen, ketiga brand ini berhasil menjadi market leader. Selain itu, PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga meluncurkan kapas kecantikan Silcot untuk wanita dan Kirey Wipes yang memiliki fungsi anti bacteria, dan di tahun 2021 masuk ke market petcare untuk menciptakan kehidupan pemilik peliharan dan hewan peliharaan (partner animal) yang sehat. Berkat inovasi-inovasi ini, kami terus menyertai kehidupan konsumen Indonesia selama 25 tahun, dan berhasil mendapatkan rekor MURI serta berbagai penghargaan dari hasil survey oleh aplikasi maupun blog parenting di Indonesia pada produk kategori baby care,” tambah PT Uni-Charm Indonesia Tbk.
Untuk merealisasikan SDGs (Sustainable Development Goals) yang menjadi purpose/tujuan perusahaan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk menjadikan konsep melakukan kebaikan kecil di kehidupan sehari-hari yaitu Ethical Living for SDGs sebagai company slogan, dan melakukan berbagai kegiatan perusahaan yang sejalan dengan konsep tersebut. Beberapa diantaranya ialah kegiatan untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia mulai dari kegiatan bersih-bersih sungai, edukasi pemilahan sampah kepada siswa pondok pesantren dan SMA, pemasangan PLTS di 4 Factory untuk mengurangi emisi CO2, serta peluncuran produk ramah lingkungan berbahan dasar kertas daur ulang dan bio material selama 3 tahun berturut-turut. Lalu terkait kontribusi sosial, PT Uni-Charm Indonesia Tbk telah melakukan aktivitas pink ribbon mulai tahun 2021 untuk mendukung penemuan kasus kanker payudara stadium awal demi meningkatkan kualitas hidup wanita Indonesia, dan juga memberikan donasi uang dan produk ke area yang terdampak bencana alam.
Pada acara kali ini juga terdapat demonstrasi produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan dan gaya hidup konsumen dari tim Marketing dan Research & Development PT Uni-Charm Indonesia Tbk.
Produk yang didemonstrasikan adalah pembalut malam Charm Safe Night dengan tema “daya serap yang dapat mencegah bocor di malam hari”, popok dewasa Lifree dengan “metode 2 pieces care yang diakui oleh riset bersama CRSU FKUI dapat mengurangi resiko terjadinya luka dekubitus pada lansia”, dan Deo-Toilet untuk kucing yang diluncurkan pada tahun 2021 dengan tema “fungsi cegah bau”.
Mengenai acara kali ini, Presiden Direktur Takumi Terakawa menyatakan, “Terima kasih kepada seluruh konsumen dan mitra bisnis yang sudah mendukung bisnis perusahaan kami selama 25 tahun. Berkat dukungan dari semua pihak, perusahaan kami menjadi satu-satunya anak perusahaan dari Unicharm Corporation yang menjadi perusahaan terbuka di tahun 2019. Selain itu, berkat kerja keras dari seluruh karyawan, kami berhasil melalui periode sulit di tengah virus COVID19 dan menjaga supply produk yang stabil di seluruh Indonesia. Terakhir, tujuan dari keberadaan perusahaan kami adalah untuk mewujudkan masyarakat simbiosis Indonesia yang lebih sehat, mandiri, nyaman dan bahagia melalui produk yang berkualitas. Kedepannya kami akan memperkuat partnership bersama seluruh mitra bisnis untuk terus bertumbuh di masa depan.” (Tj.Foto: dok.pribadi)