Jakarta Selatan, LiputanNusa.id,- Sebagai upaya peningkatan mutu layanan yang terus dikejar BPJS Kesehatan bersama pemangku kepentingan, diperkenalkan loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit Indonesia termasuk di wilayah Jakarta Selatan. Launching loket pelayanan informasi tersebut dilangsungkan di Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Diah Sofiawati dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta.

“Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan menyediakan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit provider kami. Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Tidak lupa juga petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” jelas Diah Sofiawati saat memberikan sambutan, Jumat (29/09).

Selanjutnya dikatakan Diah, petugas rumah sakit juga bisa bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun daring. Tujuannya agar memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan loket informasi ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

“Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk) bertuliskan Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan. Lokasi loket ini diutamakan berada pada area yang mudah terlihat dan mudah diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN,” kata Diah.

Terkait dengan launching, Diah menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang belum mengetahui posisi loket BPJS Kesehatan di Rumah Sakit pada saat ingin melakukan pengaduan dan penyampaian informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Diah juga menyampaikan aplikasi Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan.

“Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan,” tutur Diah.

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

“POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui banner dan poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan,” tutur Diah.

Sementara Komandan Rumkital Marinir Cilandak Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, SpB mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Jakarta Selatan yang memilih Rumkital sebagai lokasi peresmian loket pelayanan dan POROS BPJS Kesehatan.

“Rumkital Marinir Cilandak selalu mendukung peningkatan implementasi dan transformasi mutu pelayanan BPJS pada peserta JKN. Kami berharap dengan adanya ruangan khusus pemberian informasi ini, Peserta JKN dapat lebih mudah dalam akses informasi dan memperoleh tindak lanjut atas pengaduan terkait pelayanan serta program JKN maupun edukasi yang diberikan BPJS kepada peserta JKN,” ucapnya.

Sujoko juga menjelaskan dengan adanya loket pelayan, peserta daerah yang masuk ke Rumkital dan bingung dengan status kelangsungan pelayanan dengan kartu BPJS-nya, akan dibantu penyelesaiannya.

“Begitu juga dengan yang belum download mobile JKN, akan dibantu pendaftarannya sehingga pelayanan tetap berjalan,” terang Sujoko.

Mengenai pasien yang melapor ke loket pelayanan, Sujoko yang ditemui awak media usai launching menjelaskan sebagian besar peserta BPJS Kesehatan, termasuk anggota marinir.

Sujoko berharap dengan adanya loket ini, lebih dimudahkan dan dilancarkan hingga mencapai pelayanan paripurna.

“Jadi tidak ada lagi pasien yang bingung saya mau apa, mau kemana dan harus kemana terkait pelayanan BPJS,” ucap Sujoko.

Mengenai pelayanan loket, Sujoko menjelaskan mulai dari jam 06.00 WIB. “Tetapi pastinya pasien sudah akan antri mulai dari subuh,” tutup Sujoko.

Sekedar informasi hadir pula dalam acara launching loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan Kepala Subditkes Jakarta Selatan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, dr. Yudi Dimyati dan Wakil Ketua IDI cabang Jakarta Selatan dr. Emir Dinar M, seluruh staf Rumkital dan tamu undangan. (As.Foto:As)

Mutu Pelayanan Terus Ditingkatkan, BPJS Kesehatan Jaksel Launching Loket Pelayanan Informasi dan POROS

Jakarta Selatan, LiputanNusa.id,- Sebagai upaya peningkatan mutu layanan yang terus dikejar BPJS Kesehatan bersama pemangku kepentingan, diperkenalkan loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit Indonesia termasuk di wilayah Jakarta Selatan. Launching loket pelayanan informasi tersebut dilangsungkan di Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Diah Sofiawati dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta.

“Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan menyediakan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit provider kami. Petugas rumah sakit yang ditunjuk akan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN terkait pelayanan. Tidak lupa juga petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP),” jelas Diah Sofiawati saat memberikan sambutan, Jumat (29/09).

Selanjutnya dikatakan Diah, petugas rumah sakit juga bisa bekerja sama dengan Petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun daring. Tujuannya agar memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan loket informasi ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

“Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk) bertuliskan Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan. Lokasi loket ini diutamakan berada pada area yang mudah terlihat dan mudah diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN,” kata Diah.

Terkait dengan launching, Diah menjelaskan bahwa banyak masyarakat yang belum mengetahui posisi loket BPJS Kesehatan di Rumah Sakit pada saat ingin melakukan pengaduan dan penyampaian informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Diah juga menyampaikan aplikasi Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di fasilitas kesehatan.

“Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas kesehatan,” tutur Diah.

POROS terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrinning yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat.

“POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui banner dan poster yang tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan,” tutur Diah.

Sementara Komandan Rumkital Marinir Cilandak Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, SpB mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Jakarta Selatan yang memilih Rumkital sebagai lokasi peresmian loket pelayanan dan POROS BPJS Kesehatan.

“Rumkital Marinir Cilandak selalu mendukung peningkatan implementasi dan transformasi mutu pelayanan BPJS pada peserta JKN. Kami berharap dengan adanya ruangan khusus pemberian informasi ini, Peserta JKN dapat lebih mudah dalam akses informasi dan memperoleh tindak lanjut atas pengaduan terkait pelayanan serta program JKN maupun edukasi yang diberikan BPJS kepada peserta JKN,” ucapnya.

Sujoko juga menjelaskan dengan adanya loket pelayan, peserta daerah yang masuk ke Rumkital dan bingung dengan status kelangsungan pelayanan dengan kartu BPJS-nya, akan dibantu penyelesaiannya.

“Begitu juga dengan yang belum download mobile JKN, akan dibantu pendaftarannya sehingga pelayanan tetap berjalan,” terang Sujoko.

Mengenai pasien yang melapor ke loket pelayanan, Sujoko yang ditemui awak media usai launching menjelaskan sebagian besar peserta BPJS Kesehatan, termasuk anggota marinir.

Sujoko berharap dengan adanya loket ini, lebih dimudahkan dan dilancarkan hingga mencapai pelayanan paripurna.

“Jadi tidak ada lagi pasien yang bingung saya mau apa, mau kemana dan harus kemana terkait pelayanan BPJS,” ucap Sujoko.

Mengenai pelayanan loket, Sujoko menjelaskan mulai dari jam 06.00 WIB. “Tetapi pastinya pasien sudah akan antri mulai dari subuh,” tutup Sujoko.

Sekedar informasi hadir pula dalam acara launching loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan Kepala Subditkes Jakarta Selatan Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, dr. Yudi Dimyati dan Wakil Ketua IDI cabang Jakarta Selatan dr. Emir Dinar M, seluruh staf Rumkital dan tamu undangan. (As.Foto:As)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *