Oplus_131072

Tual, LiputanNusa.id- Pawai obor Malam Takbiran Idul Fitri 1445 Hijriah yang berlangsung di Kota Tual, dipadati umat Muslim daerah ini, pasalnya arak-arakan tersebut merupakan ungkapan kemenangan umat Muslim karena sudah berhasil melewati ibadah bulan suci Ramadhan.

Pawai obor malam takbiran kali ini, sangat istimewa karena bukan saja umat muslim sendiri namun hal ini melibatkan umat Kristiani baik Protestan maupun Katolik yang berada di Kota Tual.

Pada kesempatan itu, Pejabat Walikota Tual, Hi A Yani Renuat, S,Sos, M, Si, M.H mengucapkan rasa terima kasih yang sangat dalam, mengingat pada hari ini di Kota Tual, terciptanya kerukunan antar umat beragama yang saling menghargai dan menghormati antar sesama golongan agama.

Disampaikan pula bahwa perayaan malam takbiran ditahun lalu, tidak pernah pawai obor melewati depan Gereja Maranatha melintasi jalan utama Un, namun di tahun 2024 Pawai Obor bisa melintasi jalan umat Nasrani, ini menunjukan bahwa, rasa persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Tual terjaga dengan sangat baik.

Olehnya pada kesempatan ini pula, dirinya¬† meminta agar pada saat perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru umat Nasrani juga akan melewati jalan Pattimura (kawasan Muslim) sebagai wujud toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin selama ini dengan baik,” pintahnya.

Mengakhirinya, Renuat ucapkan terima kasih kepada basudara Nasrani dan Juga Islam karena selama bulan puasa sudah menjaga keamanan dan ketertiban didaerah yang kita cintai bersama ini.

Pergelaran malam takbiran dengan arak-arakan Pawai Obor melibatkan, Forkopimda Kota Tual, Ketua MUI Kota Tual, Ketua Klasis Kei Kecil, Pendeta, Imam, Pastor, Pemuda AMGPM, Pemuda Katholik.

Rute pawai malam takbiran Idul Fitri 1445 Hijriah tersebut dilepas dari halaman Balai Kota Tual menuju Un Depan Gereja Maranatha, menuju Wearhir serta Jln Pattimura dan Lapangan Lodar El Kota Tual sebagai penutup rangkaian acara malam takbiran ini.(KE)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *