Sangatta, LiputanNusa.id- Untuk memperingati Hari Lahir (Harla) Pancasila serta memaknai suatu peristiwa besar, ,Kabupaten Kutai Timur (Kutim), menggelar upacara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (01/6/2023) di Lapangan Upacara Pemkab Kutai Timur, Pusat Perkantoran, Bukit Pelangi, Sangatta Kamis 01/06/2023.

Dalam peringatan tersebut, bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) adalah Komandan Kodim 0909/Kutim Letnan Kolonel(Inf) Adi Swastika, yang mana Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni merayakan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagaimana diketahui, peringatan Hari Pancasila ini mulai dirayakan sejak tahun 2016 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Turut mengikuti upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, pasukan upacara yang terdiri dari 1 Peleton Pasukan Kodim 0909/KTM , 1 Peleton Pasukan Lanal Sangatta , 1 Peleton Pasukan Polres Kutai Timur , 1 Peleton Pasukan Satpol PP , 1 Peleton Pasukan Dishub , 1 Peleton Pasukan Dispora , 1 Peleton Pasukan Kesbangpol ,1 Peleton Pasukan Dinsos, 1 Peleton Pasukan Sekwan DPRD , 1 Peleton Pasukan SMA 1 , 1 Peleton Pasukan SMK 2.

Pada peringatan ini, Dandim 0909/KTM, Letkol (Inf) Adi Swastika, berkesempatan membacakan amanat yang isinya antara lain, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Pada kesempatan itu, Dandim juga menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari dan
peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, Dandim mengajak semua pihak untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,” harapnya.

Dandim juga mengajak, semua yang hadir mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote.

Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, yaitu Pancasila,” tekan Dandim.

Disampaikan pula, bahwa sejarah singkat lahirnya Pancasila bermula dari peristiwa dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dari sidang BPUPKI tersebut yang kemudian pada 1 Juni 1945 lahirlah Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Pada peringatan tersebut, hadir dalam upacara hari lahir Pancasila Ketua DPRD, Joni, Sekda Kutai Timur Rizali Hadi dan beberapa pimpinan perangkat daerah (PD) di lingkungan Pemkab Kutim, Forkopimda Letkol Laut Shodikin, Kapolres Kutai Timur AKBP Roni Bonic serta tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *