Tual, LiputanNusa.id- Berbicara mengenai Kompleksitas permasalahan pelayanan perusahaan air minum sebagai penyelenggara SPAM, pasti akan ada sosialnya, jika PDAM/Perumda Air Minum tepat dalam mengidentifikasi masalah hakiki yang sebenarnya dihadapi.
Hal ini, disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tual, Rini Atbar, SH, MH saat mewakili Penjabat Walikota Tual, pada kegiatan Rapat Kerja Daerah PERPAMSI Maluku di Kota Tual, Kamis 11/07/2024.
Menurutnya, dibutuhkan kolaborasi dan berkonsolidasi dengan pemerintah daerah dalam mengoptimalkan peran PDAM sebagai BUMD Penyelenggara SPAM melalui intervensi program yang tepat dan efektif. Dan Kehadiran Perpamsi, dapat dirasakan dan juga memberikan kontribusi yang positif bagi PDAM di daerah sehingga bermanfaat bagi masyarakat.
“Disampaikan pula, bahwa melalui Rakerda ini dapat memberikan solusi terbaik untuk meningkatkan kinerja perusahaan, prinsip bisnis profesional dalam pengoperasian perusahaan air minum mesti lebih jelas dan memotivasi para penyelenggara SPAM untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan perencanaan karir karyawan,.
“Selaku Pemerintah Daerah, pihaknya berharap, agar jajaran Direksi PDAM mampu mengelola BUMD secara profesional sekaligus menjalankan kemanfaatan umum, meningkatkan kualitas dan cakupan demi kesejahteraan masyarakat dan BUMD dapat memberikan kontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Atas nama Pemerintah Kota Tual, dirinyakesempatan sangat menyambut baik dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya, karena momentum ini tentunya dibutuhkan bagi semua pihak untuk saling berbagi informasi, inovasi, wawasan dan pengetahuan serta sama-sama belajar demi perbaikan dan kemajuan bersama.
Pada kesempatan ini, dirinya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penerimaan dan penyambutan terdapat banyak kekurangan.
Mengakhiri sambutanya, Penjabat Sekda Kota Tual membacakan sebuah pantun, “Indah nan cantik alam di Kei
seindah deburan ombak di pasir putih
senang hati kami dikunjungi
semoga berkesan berada disini.(KE)